Hidup hanya 2.5 jam

Mungkin selama ini sebagian dari diri kita selalu mengeluh. Mengeluh tentunya diiringi rasa kurang bersyukur dengan semua yang Allah beri. Heemm bener2 dah manusia tuh mang kurang banget syukurnya.

Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur. (Al A’raf:10).

Mungkin tanpa sadar kita mengeluh tentang repotnya mengurus anak, kerjaan yang ga beres2, penyakit yang diderita, masih ngontraklah inilah itulah…banyak banget yg kita keluhin. Tapi tahukan kawan kita hanya tinggal di Dunia ini hanya 2.5 jam saja so nikmatilah hidup di dunia apapun keadaannya. Kok bisa cuman 2.5 jam??

Yuk kita itung bareng2 :). Sebelumya simak dulu ayat2 Allah berikut:

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu. (As Sajdah:5)

Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun dari tahun yang kamu hitung. (Al Hajj:47)

dari 2 ayat di atas tentu kita bisa mengambil kesimpulan sbb:

1 hari di akhirat = 1000 tahun di dunia

misal kita diberi kesempatan hidup di dunia 100 th (inipun sepertinya jarang terjadi ūüôā ). maka…

umur kita di sisi Allah =  100/1000 x 24 jam = 2.4 Jam (ups ternyata cuman 2,4 jam kurang dari 2,5 jam).

Trus apa hikmah dari itung2an ini…??

Kawan apalah artinya repot mengurus anak toh kita cuman hidup 2,5 jam disini daripada kita repot di neraka selama 2,5 jam(berarti 2500 tahun dong hiii takut…) hanya karena mendurhakai anak.hiks.

Tak perlulah kita mengeluh tak bisa beli ini itu, kurang financial dll. Toh kita akan menikmatinya nanti di akhirat lebih lama dibandingkan apa yang kita keluhkan di Dunia. So klo kita sudah merasa manusia paling menderita di Dunia ini ingat KITA CUMAN HIDUP 2,5 JAM. ya kan??

Tinggal bagaimana kita memanfaatkan waktu yang diberi Allah untuk bekal hidup kita di Akhirat (yang tentunya lebih lama). Tahukah kawan Allah juga mengingatkan kita untuk menyiapkan bekal untuk diri kita baik untuk urusan dunia maupun akhirat.

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal. (Al Baqarah:197)

2 kehidupan

Abis kajian ma Ust. Mutashim (bener ga ya nulise ūüôā ), di kecapi, sepertinya perlu di tulis biar ga lupa… he he.

“Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?.”¬† (Al Baqarah:28)

Dari ayat tersebut didapat bahwa manusia mengalami 2 kematian dan 2 kehidupan.

2 kematian:

  • Mati¬† saat masih dalam bentuk ruh. Manusia dalam wujud ruh dikatakan masih mati (masih dalam bentuk nutfah yang belum ditiupkan ruh).
  • Setelah hidup

2 kehidupan:

  • Hidup saat ditiup ruh. Ketika ruh sudah ditiup, manusia baru dikatakan hidup (umur 120 hari dalam kandungan) yang sekaligus ditentukan 4 perkara (jodoh, risqi, umur, dan nasib).
  • Saat dibangkitkan kembali setelah mati

Semua manusia pun mengakui bahwa mereka mengalami 2 kematian dan 2 kehidupan.

Mereka menjawab,‚ÄĚya Tuhan kami, Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula), lalu kami mengakui dosa-dosa kami. Maka adakah jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka)??. (Al Mu‚Äômin 40:11)

Allah menciptakan manusia dalam bentuk ruh terlebih dahulu sebelum dalam bentuk jasad. Dan semua ruh tersebut sudah berdialog dengan Allah. Mereka  berjanji kepada Allah bahwa akan beribadah kepada Allah saat di dunia.

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman),‚ÄĚ Bukankah Aku ini Tuhanmu?‚ÄĚMereka menjawab,‚ÄĚBetul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.‚ÄĚ (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan,‚ÄĚsesungguhnya kami lengah terhadap ini.‚ÄĚ (AlA‚Äôraf 7:172)

hufff…mungkin dalam hati kita bertanya-tanya kalo emang kita pernah berdialog dengan Allah kok ga inget ya….

Pertanyaan ini terjawab sudah pas kajian kemarin (Alhamdulillah). jangan kan pas kita dalam bentuk roh dalam bentuk manusia pun kita lupa bagaimana kehidupan kita saat di Rahim bahkan pas kita keluar dari perut Ibunda pun tak sedikitpun kita ingat atau bisa jadi masa kanak2 kita pun hanya sedikit memori yang ada di otak kita. Bedanya kita bisa diceritain ma ortu n orang2 sekitar gimana kita lahir kapan dimana dll dan kita pun menyaksikan bahwa manusia maengalami proses tersebut. diceritain ortu n orang2 sekitar aja kita percaya klo kita mengalami kehidupan di alam rahim apalagi yang cerita Allah dalam Al Qur’an seharusnya kita tidak ragu lagi bahwa kita sudah berdialog dengan Allah.

Ada 2 alasan yang diajukan manusia ketika ditanya Allah kenapa ga mau beribadah pada-Nya
–¬†¬† ¬†Sibuk dengan urusan dunia
–¬†¬† ¬†Nenek moyang yang tidak mengajari beribadah pada-Nya

Tapi Allah tidak menerima 2 alasan tersebut.

Ghozy Qoyyim Abdillah

Pejuangku

Pejuangku

Alhamdulillah pertanyaan udah isi belum dah bisa dijawab deh he he. Bukan isi lagi tapi dah keluar… sang jagoan :).

Ghozy Alhamdulillah lahir normal tepatnya tgl 22 Mei 2009 jam 20.20 WIB di Rumah sakit Harapan Anda Tegal.

Waktu ntu ga sabar juga nungguin sang pejuang muncul. dah lewat seminggu dari perkiraan lahir…sepertinya minta ditungguin ma Abi-nya..:p. Jadi pengen cerita deh…hehe

Pas hari H perkiraan lahir dah mule deg2an tuh, dah prepare juga tanya tetangga sana sini tanda2 mo lahiran tuh seperti apa n musti bagaimana.  disuruh latihan ini itu, jangan angkat pantat pas ngeden, ambil nafas yg panjang dari mulut n keluarin dikit-dikit lewat idung biar mengurangi sakit saat kontraksi, bawa madu or sari kurma, tiap pagi musti jalan2 n lari2 kecil dll. N yang paling kuinget tanda2 mo lahiran tuh keluar lendir yg warnanya seperti darah haid. Nah tanda2 ini nih yg ga muncul- muncul bikin deg2an..^^.

Eh…tgl 21 si Abu Ghozy nyampe ke Tegal malemnya langsung keluar tuh lendir. langsung histeris dah. Kata Ibuku sih masih lama soale tanda2 yg lain tuh blum muncul (kontraksi per 10 menit), tapi karena kondisi tiap orang beda ibu nyaranin ke rumah sakit aja. Yo wes meluncurlah ke RS malem2 n ga inget klo tanggal merah so dokter Lis Nur nya ga jaga hiks…tanya bu satpam disuruh ke IGD aja nti klo emang mo lahiran bu Lisnya bakal dipanggil. Tadinya mo ngikutin saran-nya tapi setelah tanya ini itu ke Mba Sulis (kakak Ipar) kebetulan de’e dokter juga diputusin besok aja balik lagi.

Besoknya (hari Jum’at/22 Mei 2009) abis sarapan kita berdua meluncur lagi ke RS antrinyaaaaa subhanallah panjaaaaangggg jm 11 baru dipanggil hiks. Untungnya sang jagoan masih bersabar he he. Pas diperiksa masih pembukaan satu tapi bu LisNur masukin obat 1/2¬† tadinya ga tau ntu obat apaan, baru tau setelah lahiran katanya ntu induksi…pantesannn ga boleh pulang. Kalo pembukaan satu kan masih lama menuju ke kontraksi so abdi dengan PDnya minta pulang dulu biar nyiapin baju dan kawan-kawannya eh ga di ijinin dah langsung diiket neh tangan ma pita tanda pasien ga boleh kabur hehe.

Langsung cari kamar, makan siang sambil nungguin si Kakan tersayang shalat Jum’at. Jam 13.00 blum ada tanda2 kontraksi, jam 14.00 baru kerasa per 15 menit. Cos belum bawa bekel nginep si kakan ku suruh pulang bawain baju dll, so mau ga mau berjuang sendiri deh nahan kontraksi. Jam 14.45 kontraksi makin kenceng Subhanallah baru tau rasanya kontraksi, cos dari seminggu kemaren ditanyain mulu ma Ibu n tetangga “udah kontraksi blum” trus aku balik nanya “mang kontraksi tuh gimana ya rasane”, doengg!!!??. hihi. Dilanjutin cerita kontraksinya ^^. Cos inget pesen Ibu klo baru pembukaan satu jalan2 aja biar pembukaane cepet, ya udah jalan2 lah diriku menuju ke ruang suster sengaja ga mencet bell yg ada di kamar. N bilang kontraksinya udah per 5 menit. Eh mb Sus nya bilang kok ga mencet bel aja mb biar ga usah jalan2, nah loh. Bu dokter jaga dateng jm 15.00 buat ngecek, n dah pembukaan 3. Dia masukin obat induksi lagi 1/4.

Jam 16.30 kakan n Ibu dateng kontraksi makin kenceng bawaane pengen ke belakang mulu mpe dimarahin Ibu “jangan ke belakang mulu nti dedenya keluar disitu kan gawat” iya juga si tapi bener2 pengen ke belakang.mekso.

jm 19.00 dah ga bisa tahan lagi akhirnya diriku dibawa pake kursi roda bis udah ga bisa jalan. menuju TKP (mendramatisir.com). Disana ga boleh ngeden ma bu dokter katanya biar ga kelelahan sebleum waktunya, “ditahan dulu aja bu nafas dalam2 keluarkan dikit2 biar ngurangin sakit”. ya ya saran bu dokter dijalanin. Jam 19.30 dah bener2 ga bisa nahan lagi susterrrr kapan bu Lisnya dateng dah pengen ngeden bangetttttttt. Dengan santenya bilang istirahat dulu aja disini, nyante dulu nonton tipi aja dulu jangan ngeden ya… doeng bener bener dah. SEMANGAT. 19.45 bener2 dah ga tahan lagi “suster nih dah pengen ngeden mpe kapan nahannya hiks”. langsung deh dicek n dah pembukaan 10 baru bu Lis dipanggil huih akhirnya dateng juga yang ditunggu.

Jam 20.20 sang Pejuang akhirnya keluar juga dari perut bunda, subhanallah karunia Allah begitu besar. Nikmat sekali rasanya mlahirkan. Hati begitu gembira n bersyukur setelah mendengar tangisnya…”Selamat datang anakku tercinta jadilah anak yang soleh sang pejuang yang lurus GHOZY QOYYIM ABDILLAH.

Sent Messages yang Mengingatkan

he he dah lama ga nulis mpe¬† dah ada yang protes “kok isi blognya ga nambah nambah” (hihihi). Katanya si… ¬†“mbok yo¬†nulis apa aja walopun cuman bilang gi males nulis biar ga ngecewain pembaca…” (he he¬†).

ya…¬†selain pengen¬†berbagi cerita¬†n biar ga ngecewain sobatku ini¬†akhirnya nulis juga deh. ūüôā ¬†

Taraaaa.

Lagi iseng2 ngecek “sent¬†Messages SMS” biasa mo ngapus2 yg ga penting. eeeehhh ketemu SMS yg bikin teringat kembali ma kejadian ampir kecopetan dijembatan penyebrangan ke arah Wismul (pas berangkat kerja).

isi SMSnya tuh gini:

” Yang… Alhamdulillah td Adin terhindar dr musibah.td ampir mo kecopetan.untungnya adin langsung nyadar”

ni SMS kukirim ke miswa tercinta. ūüôā tertanggal 04-06-2008.

Langsung deh inget ma Hari ntu. Ceritanya tuh.. biasalah berangkat kerja sambil Riyadhoh (jalan kaki) pake tas rangsel yg kebetulan ditaruh di belakang (sebenere ni sengaja..). Nah lho kok sengaja?

soale hari-hari sebelumnya tiap kali nyampe kantor tas yg kebetulan ga ada barang berharga . Maklum waktu ntu HP gi rusak so ditinggal di kosan, dompet pun cuman isi KTP n SIM dll (eh yg ni penting ding, cos paling males klo ngurus surat2 ginian neh.. he he).¬† kembali ke Laptop (halah basi ūüėõ ) gini pas tiap kali nyampe kantor tuh tas selalu kebuka (semua lokasi) dari depan, tengah mpe yg utama. tuh resleting tas pada kebuka semua lebar pula. ho ho

waktu ntu belum nyadar. masih nyalahin si tas. Wah ni tas kualitasnya jelek banget sih. resletingnya ga beres. tapi krn kejadiannya terus berulang n alhamdulillah barang ga ada yg ilang. Langsung kepikiran jangan2 yg buka tas ini si Tangan Jail. Ho ho.

langsung diri ini punya inisiatip apakah instingku benar or Tidak. So besoknya aq tetep bawa tas rangsel dengan posisi ditaruh d belakang dengan segala isinya (ya iyalah masa bawa tas yg kosong mlompong he he). Kebetulan hari itu HP  baru beli (Pamer.com) n barang berharga ada di tas itu semua, Hp ku taruh di bagian depan tapi tempatnya agak susah (red: klo ngambil tuh HP harus ngerogoh dengan usaha yg maksimal). n dompet kutaruh ditempat utama tapi paling bawah so ga keliatan klo ga dirogoh sedalem2nya.

Dengan tekad yg bulat dan terus mengingatkan dalam diri “trus periksa tas biar tau kapan si resleting kebuka”. n klo perlu ga perlu pegang tuh tas tapi cukup melihat bayangan diri sendiri. kebetulan tiap kali berangkat pagi tuh bayangan muncul disamping kanan agak¬†di belakang dikit tapi masih bisa diliat dengan lirikan mata…(swit swit) .

Pas di Masjid Mughni langsung periksa tas masih aman. Mo naik jembatan kuperiksa lagi, resleting aman ga ada yg kebuka. Pas perjalanan di jembatan ku lirik arah bayangan terus2an n ditengah perjalanan pun sempet periksa resleting masih aman. Nah pas mo turun eng ing eng. tiba2 ni insting langsung lupa untuk memeriksa tas n ngeliat bayangan cos ngerasa segalanya AMAN.

TAPIIIII ALHAMDULILLAH tak lupa selalu dipanjatkan. pas di turunan terakhir (anak tangga terakhir) tiba2 aja langsung inget n mata langsung ke arah bayangan. n kuliat tangan panjang sedang berusaha memasukan diri ke tas bagian depan (red: Isi HP). untung belum sempet ke ambil. abdi Langsung reflek nengok ke belakang. Si tangan panjang langsung PANIK n pura2 pipis di selokan pinggir jalan. n tiba2 muncul satu orang lagi yg pura2 pipis jua. HO HO langsung kuliatin aja tuh 2 orang. Buat Nandain ATI-ATI ama ni COPET (eh dia balik natep, kutatep trus deh). Untung ni jurus ga kukeluarin Ha Ha jurus tereak maksudnya biar tuh copet digebukin massa. N mpe sekarang masih inget tuh wajah klo misalnya ketemu. salah satunya tuh ciri2 kurus tinggi, rambut gondrong wajah tirus, putih, hidung bangir, baju RApih (kyk bukan tampang pencopet), kumis tipis. Satunya lagi Botak, agak berisi, kulit coklat.

ku ubah posisi tas kedepan n ow ow ow ternyata tuh resleting kebuka semua. Dan keknya yang terakhir dibuka tuh posisi yg terdepan (kecil n sempit). mungkin si copet menyangka ga mungkin nih cewek naruh benda berharga di sini.

HUih smua dijadikan pelajaran besoknya tuh tas selalu kutaruh di depan. cos katanya bagian punggung tuh emang kurang sensitif terhadap sentuhan.

Nyampe kantor langsung deh ni ga tahan buat cerita ke orang2. N ternyata temen kantor pun pas hari itu¬†di bus ada yg kecopetan pula. ni padahal dah diingetin¬†ma yg NGEH klo didalem bis ada pencopet. Cos pas waktu para segerombolan ni copet mo naik bus tuh orang langsung bilang HATI-HATI NI YG MO NAEK BUS PARA PENCOPET. Langsung pada WASPADA. tapi nasib malang tertimpa ma penumpang yg baru naek cos dia ga tau klo disitu ada pencopet. Nha pas para copetnya tuh turun. yang ngingetin kembali mengingatkan “tadi yg turun barusan adalah copet ada yg kena ga? aman semua kan?” langsung sang penumpang nyadar klo tas beserta uang gajiannya dia kecopet ma tu maling. ya nasib…

dari cerita ini kyknya sekarang copet2 tuh dah pada pinter deh. tampangnya klo mo aksi tuh kyk mo kerja kantoran so kita ga nyangka klo dia tuh pencopet, n mereka sepertinya ga main single tapi punya partner. makanya kita musti hati2. Oh duniaa duniaa ada ada aja….

Udah Isi

Baru berapa bulan Nikah… eh ga dink berapa minggu he he… pertanyaan satu ini trus aja bergulir… n redaksinya sama pula… ha ha

baru aja Ngantor abis cuti Nikah n kebetulan perut rada mual n batuk batuk ga jelas… eh pada ngira dah isi… Lho faniiiii… jangan jangannnnn …. wahhh … halah halah…

Pas wawancara pun pertnyaannya bukannya skill¬†yang dikorek lebih mendalam¬†eh malah nanya proses Nikahnya… n ujung2nya dah isi???…. #$%&*@

balik ke WB pun di tanya pula… he he.. Maklum amah-amahnya dah pengen punya ponakan baru he he… padahal dah punya sabil. sang bunda sabil pun tak ketinggalan “mba fani tadi ada suara huek huek mba dah isi ya???” dalam hati bertanya yg huek2 mang sapa yaa… ha ha aya aya wae…

truss berapa minggu kemudian chating ma beberapa sobat pertanyaan yg tak tertinggal “Gimana jeng dah isi?”… trus pulang ke kampung halaman bis sholat isya (kebetulan lagi sholat di masjid deket rumah) “Lho pengantin baru gi pulkamp ya? bareng suami? gimana dah isi?” …

laluuuu ¬†barrruuuuu kemaren kumpul ma akhwat2 Khamubro beserta pendampingnya (klo yg punya..he he)… ketemu n semua nanya gimana dah isi beluuummmm?? waduhhhh…

Mjlis taklim tak ketinggalan….. baru aja ketemu mb Riri langsung nanya.. fani masih kenal kan ma mb? gimna dah isi… ?gubrak

ya… klo diriku mah jawab aja udah duooonnngggg dah lamaaa kale…. or wuah ntu mah selama 23 tahun ni perut mang dah keisi… he he

n pastinya mereka nimpali eh beneraaannnn? wahhh fani ko g kabar2 siii?

diriku cuman nyengir “panda” (biar lebih keren di banding nyengir kuda … halah) trus ya iyalahhh kan dah keisi makanann mulu… ha ha

Tenang aja kawan… diri dan suami menyerahkan sepenuhnya sama Allah. Allah lebih tau kapan waktu yang tepat dan tentunya Dia yang Maha Tau kapan qta berdua siap untuk diberi amanah.. ya kan???…

 

 

Our Wedding

Wuihhh Akhirnya terlewati sudah…. Alhamdulillah semuanya lancar walopun ada sesuatu yg bikin ati ga enak banget… beneran suerrr. Ya ntu bisa dijadikan pelajaran ke depannya n mey bisa jadi bumbu penyedap buat pernikahanku… Halah halah pembelaan mode on he he

pasti pada penasaran kan yg ga menyaksikan acara sakralku… PD mode on.. hihi
yo wes ben ga penasaran kucritain aja dech…

Sebelum cerita sepertinya diriku mo ngucapinn Jazakaallllaaaaahhhh buangetttt ma teman2ku tersayang yg dah mo repot2 jadi panitia ngurus ini itu. Mikirin semua hal dari mule layout untuk tempat tamu, Ngladenin tamu Undangan, mpe susunan acara. Ribut ini itu mpe ada yg marah2 gara2 panitia akhwat pada photo duluan padahal acara blum selese. hihi maklum gi pada gugup mo pulang ngejar kereta katanya….Walhasil tamu2 ga terkontrol padahal tamu ikhwan n akhwat dah sengaja dipisah eh ujung2nya nyampur juga….
G masalah yang penting panitia dah berusaha sekuat tenaga… SEMANGAT…

panitia ikhwan Panitia Akhwat Panitia Ikhwan 

Panitia Ers

oks qta mule ceritanya….

Sabtu…8 Maret 2008

hari sabtu bener2 hari yg menyiksa buat diriku… nha lho…
jangan nyangka kalo diriku deg deg pyur or nervous ato semacamnya… beneran suerrr bisa dikatakan diriku nyanteee banget… tapi ni perut ga bisa kompromi pagi2 buta perutku bermasalah tepatnya jm 02:30 mpe sore. bener-bener dah…

jm 9 pagi dah ga bisa ditahan lagi mo ga mau aku dianterin ma Bapak ke dokter faiq buat ngobatin ni perut. n tauuu ga seehhhh pulang dari dokter malah Bapakku tersayang kena juga alias sakit perut… duhhhh aya aya wae… lebih parah pula. Mpe ga bisa bangun dari tempat tidur… Ya 4WI….mudah2an bapak ga kenapa napa…. Ibu panik apalagi diriku semua kerabat pada dateng n nolongin bapak, mijit2 dll. Beneran yg tadinya diriku nyante buangett jadi kalut lha wong nti bapak mo jadi wali gimana acara besok, mamas blum dateng pula… hiks
Semuanya panik terkecuali Mba Nela dia cuman bilang “dah ga papa ntu mah cuman stresss biasa klo dah mo ke hari H perut yg kena” …duh ila mbaku mbaku….

Jam 17.00 acara seserahan dimule… rombongan calon mempelai pria dateng ke rumah mbil bawa macem2: Perangkat alat sholat, kosmetik, baju2 dll. Alhamdulillah semuanya lancar walopun Bapak ga bisa nyambut cos masih terbaring di tempat tidur. Mamas, mb Lis n Tiar baru dateng jm 16.45 tapi masih bisa ngikutin seserahan. Alhamdulillahh….

Seserahan

Rombongan Seserahan

Pas acara seserahan bude Has dateng n cerita klo semua anaknya yg dah nikah mang sebelum hari H perutnya pada sakit semua badan panas pala puyeng dll. So bude meng-iyakan kata2 mba nela klo qta berdua (aq n bapak) mang lagi stress alias demam panggung … dalam benakku ga percaya… beneran soale semalem qta baru makan Yong tahu (ni semacam batagor tahu bedanya tepung kanjinya pake daging n bumbunya bumbu kacang) so aku masih tetep kekeh menyalahkan YONG TAHU… he he. Bude ngasih diriku multivitamin katanya biar besok ga lemes n SEMANGAt ceila… manjur juga tuh obat… ūüôā

Ahad… 9 Maret 2008

Alhamdulillah sakit perutku dah sembuhh…
pagi2 bis subuh diriku kelaperan he he maklum kemaren ga diisi nasi cuman bubur doang… bis ga boleh ma dokternya.. hiks

jm 5.00 perias dah dateng. So dipoles sana poles sini mbil tiduran di kasur, pas liat cermin gubrakk diriku kaget bukan kepalang ntu muka sapa ya… ha ha beda bangett booo aku protes ini itu. Lik ini ketebelan di apus dikit yaaaaa….Lik pemolesnya ga usah banyak2 dikiiiiiittt aja, lik… bla bla bla

tadinya lik Niah (yg ngerias) mo nipisin make up nya tapi sayang sungguh sayang ajudannya ngompor-ngomporin “jangan niah tu dah bagus klo penganten ma h mang gitu… bla bla bla” yahhh GaGAl deh protesku. tau ga padahal ngiranya Lik Niah ga bawa temen n Insya 4WI klo beliau yg ngrias, sang calon penganten bisa minta ini itu… ini ditipisin sedikit ntu di apus dikit alisnya jangan dicukur,rambutnya ga mau disanggul, bajunya musti nutup biar tetep syar’i dll. Semuanya beres kecuali satu…make upnya super tebel mpe neh muka keberatan make up… dramatisir mode on… ūüôā ha ha
Yo wes mau ga mau nrimo… Hiks

jam 7.00 calon penganten pria dah siap di Masjid Al hidayah buat Gladi resik alias latihan ucap Ijab… sementara diriku masih di obrak abrik (red:Rias). jm 7.30 diriku diminta dateng ke masjid di bagian tempat sholat akhwat sementara sang calon pengantin pria di ruang utama masjid.

Alhamdulillah tak lupa ku ucapin berkali-kali Calon suami ngucapin ijabnya lancar bangettt cuman sekali doang KEREN dah… :). Oya Maharnya cincin n gelang Emas seberat 13.5 gram. Mudah2an pernikahan kami berkah… amiiinnnnnnn

Cincin n Gelang Mahar

Mahar

bis ucap ijab mas Arif¬†menyematkan cincin di jemari ceilaa prikitiuw… he he trus semuaaa audien bilang tangannya cium tanganyaa cium… ya udah mau ga mau harus mau nyium tangannya si kakan (panggilan sayang buat suami he he).

Sematkan cincin dijariku….

menyematkan cincin di jariku

 Cium tangan Kakan

cium tangan suami tercinta

“Ya 4WI jadikan pernikahan kami pernikahan yg penuh keberkahan, semakin menambah cinta kami padaMu dan pada utusan-utusanMu, menambah cinta kami pada para sahabat Rasull, cinta pada kedua orangtua kami n keluarga, makin cinta pada teman dan sahabat kami,¬†semakin menambah keilmuan kami untuk selalu dan selalu dekat denganMu. Amiiiiinn amin ya Rabbal Alamiinnnn…”

Kami berdua di iring dari Masjid menuju Rumah. BUeeesssss(red: busyet) dah Rombongan penabuh rebananya SEMANGAT bangettt.kita dah duduk di pelaminan mereka masih bersenandung lammmmaaaaaa….He he ga papa dah biar makin¬† Ruameee..hihi mpe Bunda tercinta (ibunya mas Arif) bilang “Nduk ntu kapan berhentinya yaa..?” he he aku cuman bisa bilang ” bentar lagi bu…” eh ditunggu2 ga berhenti juga ha ha ya udah qta nikmatin aja atraksi para penabuh rebana.. :).

Rebana Ers nan SemaNGAT

ini dia Rombongan Rebananya

Abis rebana ers dah selese qta (AriFFani) ganti kostum ceila kayak artis aja gonta ganti baju… he2. Oya rencananya seh pengennya ga usah ganti… tapiii biasa sang perias protes “Mosok ga ganti. tuh LIlik punya buanyakkk mo ganti berapa kalipun boleh,¬†semuanya Gratis” ya ya demi menyenangkan hati sang perias n ajang promosi juga kale ya..¬†ya udah deh mengalah… …

oya selain rebana ers yg semangat… Juru fotonya juga semangat-semangat euy.. Buanyaak yg moto. Mpe qta bingung mo ngadep ke kamera yg mana ha ha. so ga ada yg fokus dah tuh photo ho ho. Berasa seleb banget dah ga berhenti-berhenti motonya jepret sana jepret sini rekam sana rekam sini. semua momen diabadikan….

Mo promosi neh… sebenere juru foto utamane si abah, hasilnya Keren Bo.. tuh yg mau nyewa ga nyesel dha.. he he. selain abah ada ka fatkur juga ni¬† keren jug. trus didin, Ahmad, tia, ikeke, mmm sapa lagi yaa… oyo dari keluarganya mas arif juga ada juru foto khususnya. duh duhh okeh mennnnn….
saking banyaknya jeprat jepret mpe qta bingung foto mana yg mo dicetak… ha ha.

Salah dua Juru Foto  Juru Photo Ka fatkur

sebagian juru foto

momen-momen romantis..

Hasil jeprat-jepret

Acara selese mpe jm 12.30. Alhamdulillah g terlampau jauh dari jadwal yang ditentukan (jm 12.00)  so sholat dhuhurnya bisa di awal waktu.

abis ntu para tamu undangan ibu2 dateng jm¬†14.00 mpe malem….

Selese dah…..

Wuihhh takkan terlupakan momen-momen bahagia ini…
terimakasih ya 4WI…. ūüôā

MaLu

Terkadang sering denger beberapa komen yang sering terlintas. Mmmisssallllll:

Awas ya jangan malu-maluin …

Dasar bikin malu…

Mosok gitu aja malu…

Malu bertanya sesat di jalan, banyak nanya malu-maluin… (halah plesetan tenanan iki..he2)

Mmm mungkin dari komentar-komentar di atas memberi kesan klo sifat malu tuh ga bener, ga keren, ga gaul n ga ga momo lagi (lha kok iklan ya..hihi)

Oke serius mode on…

Ternyata sifat malu tuh ga selamanya jelek bahkann sangat dianjurkan Islam. Lho ko?masak si?kayak gitu ya?beneraaannnn?suerrrr?yakiiinnn?? STOP.

Beneran dijamin 100 % halal. Mau bukti…?

Innniii buktinya..

Rasulullah SAW bersabda: ‚ÄúIman itu mempunyai tujuh puluh cabang atau enam puluh cabang, maka yang paling utama ialah ucapan ‚ÄėLaa ilaha illallah‚Äô (Tidak ada Tuhan selain Allah SWT) dan yang paling rendah ialah membuang duri dari jalan dan sifat malu merupakan salah satu cabang daripada iman.‚ÄĚ ( Riwayat al- Baihaqi)

Dari Ibnu ‚ÄėUmar radhiallahu‚Äôanhu, bahwasannya Rasulullah SAW melewati seorang laki-laki dari sahabat Anshar sedang menasehati temannya tentang rasa malu. Lalu Rasulullah Shollallahu‚Äôalaihi Wa Sallam bersabda, ‚ÄúBiarkan ia, sesungguhnya malu merupakan bagian dari iman‚ÄĚ

Dari Abu Said al-Khudri:‚ÄúRasulullah SAW adalah seorang yang sangat pemalu, lebih pemalu daripada gadis pingitan. Apabila Baginda tidak menyenangi sesuatu, kami dapat mengetahuinya dari wajah Baginda.‚ÄĚ (Riwayat Muslim)

Tuh kannn?percaya kan?

Ok qta bahas lebih lanjut. Dari berbagai referensi soal malu n nyari di mbah google n dapet deh dari beberapa blog yang ngebahas soal ‚Äúmalu‚ÄĚ.

Nah dari beberapa ntu ada salah satu blog yg ngebahas jenis n keutamaan malu (klo ga salah namanya baiturrahmah). Diriku tulis disini lagi n diberi sedikit editan ….he he.

Jenis malu

Malu kepada Allah

Ketahuilah sesungguhnya celaan Allah itu di atas seluruh celaan. Dan pujian Allah SWT itu di atas segala pujian. Orang yang tercela adalah orang yang dicela oleh Allah. Orang-orang yang terpuji adalah orang-orang yang dipuji oleh Allah. Maka haruslah lebih malu kepada Allah dari pada yang lain.

Malu kepada Allah adalah jalan untuk menegakkan segala bentuk Ketaatan dan menjauhi segala bentuk kemaksiatan. Karena jika seorang hamba takut di cela Allah, tentunya ia tidak akan menolak ketaatan dan tidak pula mendekati kemaksiatan. Oleh karena itulah malu merupakan sebagian dari iman.

Malu kepada Manusia

Termasuk jenis malu adalah malunya sebagian manusia kepada sebagian yang lain. Sebagaimana malunya seorang anak kepada orangtuanya, isteri kepada suaminya, orang bodoh kepada orang pandai, serta malunya seorang gadis untuk terang-terangan menyatakan ingin menikah.

‚ÄúDari ‚ÄėAisyah radhiallahu‚Äôanha, bahwasannya ia berkata, ‚Äėwahai Rasulullah Shollallahu‚Äôalaihi Wa Sallam, sesungguhnya gadis itu malu. Maka Rasulullah Shollallahu‚Äôalaihi Wa Sallam bersabda, ‚ÄėPersetujuannya diketahui dari diamnya‚Äô‚ÄĚ.

Malu terhadap dirinya sendiri

Dan ini salah satu bentuk malu yang di rasakan oleh jiwa yang terhormat, tinggi dan mulia, sehingga ia tidak puas dengan kekurangan , kerendahan dan kehinaan. Karena itu engkau akan menjumpai seseorang yang merasa malu kepada dirinya sendiri, seolah-olah di dalam raganya terdapat dua jiwa, yang satu merasa malu kepada yang lain.

Malu inilah yang paling sempurna karena jika pada dirinya sendiri saja sudah demikian malu, apalagi terhadap orang lain.

Mmm jadi bertanya-tanya dalam hati aq pemalu ga ya…? Ato malah sering malu2in.. wah gaswat gaswat bahaya bahaya, kyknya musti intropeksi diri lagi neh.. biar sifat malu tertanam selalu dihati n musti diaplikasikan. SEMANGAT. Cos klo mo dapet keutamaannya kenapa ga qta lakuin. Ya kan?

Lho mang da keutamannya ya..?

Adaa dunks..

Neh keutamaannya:

Allah mencintai sifat malu

‚ÄúSesungguhnya Allah adalah Maha Pemalu dan Maha Menutupi. Dia mencintai rasa malu dan ketertutupan.‚ÄĚ

Malu adalah akhlaq Islam

‚ÄúSesungguhnya setiap agama itu berakhlaq, Sedangkan akhlaq agama islam adalah malu.‚ÄĚ

Termasuk bagian dari iman

Dari Ibnu ‚ÄėUmar radhiallahu‚Äôanhu, bahwasannya Rasulullah Shollallahu‚Äôalaihi Wa Sallam melewati seorang laki-laki dari sahabat Anshar sedang menasehati temannya tetang rasa malu. Lalu Rasulullah Shollallahu‚Äôalaihi Wa Sallam bersabda, ‚ÄúBiarkan ia, sesungguhnya malu merupakan bagian dari iman‚ÄĚ

Sifat malu mendatangkan kebaikan

‚ÄúMalu itu tidak mendatangkan kecuali kebaikan‚ÄĚ

Sifat malu menghantarkan ke surga

‚ÄúMalu itu bagian dari iman. Dan iman tempatnya di surga, sedangkan ucapan keji termasuk bagian dari tabiat kasar, tabiat kasar itu tempatnya di neraka.‚ÄĚ

Nha tuh…lumayan kan kalo dapet keutamaan-keutamaan dari sifat malu. …

Tapi perlu diliurusin lagi neh…bahasan soal malu neh bukan sifat malu yang menghambat segala kemajuan diri. Maksudnyaaaa??

Gini lho jeng.. (nah lho)

Malu yang Rasull contohkan adalah malu untuk berbuat maksiat, malu sama yang Maha Melihat, malu klo qta ga berbuat baik. Bukan malu bertanya soal ilmu, jalan, kuliah yg ga ngerti, kerjaan yang ga dimengerti (lha ni bisa gaswat klo ga nanya ke bos hanya krn malu) ckckckck smua bisa terhambat qta ga makin maju. Dah ilmu agama pas2an, otak ga encer, memori otak pas2an, males nyari ilmu… malu nanya pula… bahaya bahaya bahaya … he he kayak kenal ma ciri2 ni (sapa ya…?:))). semua jadi serba kurang hanya karena malu yg begini.

So gimana?

Dari sini tentunya qta bisa membedakan mana malu yang sangat dianjurkan Islam n yang menghambat kemajuan diri qta.

Undangan Walimah

Assalaamu’alaykum,
Akhirnya, saat yang kunantikan kan ku jelang jua. Semoga pernikahan ini akan membawa keberkahan untuk seluruh jengkal kehidupanku yang tersisa. Aku yakin, tak ada manusia yang sempurna, yang ada hanyalah sesosok manusia yang akan senantiasa membutuhkan bantuan orang lain untuk tetap exist di dunia fana ini. Namun, aku dan dia akan senantiasa saling melengkapi hingga akhir hayat. Saling mengasihi, saling membantu, saling mengingatkan, saling menasehati, saling tolong menolong, dan saling berjuang untuk menjadi insan yang tahu berterima kasih pada Sang Penciptanya, sehingga dapat mengabdi kepada-Nya. Dan senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan.

Ya Alloh, hamba yakin Engkau Maha Mengetahui, Maha Adil, Maha Bijaksana. Kami mohon agar Engkau sudi mencurahkan kasih sayang-Mu. Jadikankanlah kami insan yang bisa dengan ikhlas menerima keadaan masing-masing. Jangan Engkau jadikan hati-hati kami menjadi keras, pikiran-pikiran kami menjadi picik, dan janganlah Engkau jadikan kami sebagai makhluk yang kufur terhadap nikmat yang telah Engkau berikan. Jadikanlah hati-hati kami menjadi lembut, pikiran kami yang luas, dan dada kami yang lapang. Sehingga kami mampu mengambil setiap hikmah dari takdir yang Engkau tetapkan.

Ya Alloh yaa rohiim…, tunjukkanlah jalan yang lurus, jalan yang menuju keridhoan-Mu. Tunjukkanlah yang bathil terlihat bathil dan jauhkanlah kami darinya. Dan tunjukkanlah yang haq terlihat haq dan berikanlah kekuatan kepada kami agar mampu mengikutinya.

Kepada saudara-saudaraku seiman,
Mohon doa sahabat dan saudara sekalian, agar pernikahan kami penuh keberkahan dan Alloh menjadikan keluarga kami keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Dan akan melahirkan pejuang-pejuang yang akan selalu menyeru di jalan Alloh. Temen-temen dapat melihat undangan dan denah rumah pada link di bawah ini. Dateng ya….? ūüôā

Wassalaamu’alaykum.
Riffa 35

Undangan walimah : Halaman 1    Halaman 2

Birul Wa lidain

 Al Ahqaaf : 15

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.¬†

Dari ayat tersebut sangat jelas¬†n gamblang apa yang diperintahkan 4WI kepada qta. Berikut adalah beberapa point yang sepertinya ga rugi dech klo dibaca… N kalo bisa dipraktekan………Ayo bareng2 belajar berbakti ma ortu… Ga salah kan… J¬†

Cara berbakti kepada Orangtua 

1.       Mengajak masuk agama Islam jika belum beragama Islam.

2.       Mengajarkan mereka dengan pemahaman yang benar (ahlus sunnah).

3.¬†¬†¬†¬†¬†¬† Berbicara dan bertutur kata dengan ucapan yang mulia dan tidak mengucapkan ‚ÄúAh‚ÄĚ.¬†

Al Israa :23

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.¬†

4.       Menaati perintah keduanya selama bukan maksiat.

Al ankabut:8

Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. 

Lukman:15

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. 

5.       Lemah lembut, jangan bermuka masam serta memandang mereka dengan pandangan sinis.

6.       Menjaga nama baik, kemuliaan serta harta mereka. Tidak mengambil sesuatu tanpa izin.

7.       Meringankan beban keduanya. Misal: pekerjaan rumah, melayani dan menuntut ilmu dengan sungguh2.

8.       Membicarakan apa saja menegenai kegiatan kita (red:musyawarah). Dan memberikan alasan jika berbeda pendapat.

9.       Memenuhi panggilan mereka dengan segera disertai wajah yang berseri dan menjawab panggilan kedua orangtua.

10.   Memuliakan teman serta kerabat kedua orangtua. Baik saat orangtua masih hidup ataupun meninggal dunia.

11.   Tidak membantah dan menyalahkan mereka. Berbicara dengan santun dan beradab ketika menjelaskan yang benar.

12.   Tidak berbuat kasar, tidak mengeraskan suara, tidak menyela saat mereka sedang berbicara.

13.   Tidak berteriak kepada saudara kita sebagai bentuk penghormatan kepada mereka.

14.   Bersegera menemui keduanya jika mereka mengunjungi kita dan mencium kepala mereka.

15.   Tidak pergi jika mereka tidak mengizinkan meskipun itu untuk perkara yang penting. Apabila kondisinya darurat maka berikan alasan dan tidak memutuskan komunikasi.

16.   Tidak menemui mereka tanpa izin terlebih dahulu, apalagi di waktu tidur dan istirahat mereka.

17.   Mendahulukan kepentingan mereka daripada kepentingan sendiri/pasangan(istri) dan anak, bahkan daripada ibadah yang sunnah.

18.   Meminta keridhaan mereka berdua sebelum melakukan sesuatu karena ridha Allah tergantung ridha orang tua. Begitu juga kemurkaan Allah tergantung kemurkaan mereka berdua.

19.   Tidak duduk di tempat yang lebih tinggi dari mereka. Tidak menjulurkan kaki di hadapan mereka karena sombong.

20.   Tidak  menyombongkan kedudukan di hadapan orangtua.

21.   Membantu mereka dengan harta, membelikan kebutuhan mereka dll.

22.   Sering berkunjung kepada kedua orang tua, dan mempersembahkan hadiah bagi mereka. Berterimakasihlah atas perawatan mereka serta atas kesulitan yang mereka hadapi.

23.   Orang yang paling berhak untuk dimuliakan adalah ibumu, kemudian bapakmu. Dan ketahuilah bahwa surga itu di telapak kaki ibu-ibu kalian. 

‚ÄĚwahai Rasulullah, siapakah orang yang paling patut mendapatkan perlakuan baik?. Rasulullah SAW menjawab, Ibumu. Ia bertanya lagi,‚ÄĚLalu siapa?‚ÄĚ Rasul menjawab,‚ÄĚIbumu.‚ÄĚ Ia bertanya lagi,‚ÄĚlalu siapa?‚ÄĚ Rasul menjawab, ‚ÄĚIbumu.‚ÄĚ Ia bertanya lagi, ‚ÄĚlalu siapa‚ÄĚ Rasul menjawab, ‚ÄĚAyahmu.‚Ä̬† (HR Bukhari dan Muslim)¬†

24.   Tidak durhaka dan menghindari murka keduanya. 

Rasulullah SAW. Bertanya, Maukah kalian saya beritahu tenang dosa yang paling besar? Sahabat menjawab, ‚ÄĚTentu saja.‚ÄĚ Maka Rasulullah SAW. bersabda, Menyekutukan Allah dan durhaka kepada orangtua. Semula beliau duduk bersandar kemudian duduk tegak sambil bersabda, camkanlah, kata-kata palsu. Beliau mengulang-ulangnya sampai-sampai kami berkata, ‚ÄĚsemoga beliau diam.‚ÄĚ (HR Bukhari-Muslim)¬†

25.   Meminta sesuatu dengan lembut dan berterimaksih jika mereka memberikannya. Memaafkan mereka jika tidak memberi. Menghindari permintaan yang memberatkan mereka.

26.   Orangtua berhak atas diri kita. Begitu pula pasangan kita (suami/istri) memiliki hak atas kita.

27.   Jika kedua orang tua bermusuhan dengan pasangan/istri maka jadilah sebagai penengah. Dan memahamkan bahwa qta berada di pihaknya jika dia benar, namun terpaksa melakukannya karena menginginkan ridha kedua orang tua.

28.   Jika berselisih dengan keduanya di dalam masalah pernikahan atau perceraian, maka hendaknya berhukum kepada syari’at karena syari’atlah sebaik-baiknya pertolongan.

29.   Doa kedua orang itu mustajab baik dalam kebaikan maupun doa kejelekan. Maka berhati-hatilah dari doa kejelekan atas diri kita.

30.   Beradablah yang baik kepada orang-orang. Siapa yang mencela orang lain maka orang tersebut akan kembali mencelanya.

Rasulullah shallallahu ‚Äėalaihi wasallam bersabda,‚ÄúTermasuk dosa besar adalah seseorang mencela kedua orang tuanya dengan cara dia mencela bapaknya orang lain, maka orang tersebut balas mencela bapaknya. Dia mencela ibu seseorang, maka orang tersebut balas mencela ibunya.‚ÄĚ (Muttafaqun ‚Äėalaihi).

31. Mengunjungi mereka disaat mereka hidup dan menziarahi ketika mereka telah wafat. Bershadaqah atas nama mereka dan memperbanyak berdoa bagi mereka berdua dengan mengucapkan,

‚ÄúWahai Rabb-ku ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Waha Rabb-ku, rahmatilah mereka berdua sebagaimana mereka telah merawatku ketika kecil‚ÄĚ.

biar lebih lengkap kutambahin lirik lagunya Iwan Fals ma Gita Gutawa… Bagus lhoooo

———-Iwan Fals – Ibu————

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki, penuh darah… penuh nanah

Seperti udara… kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas…ibu…ibu
Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu
Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu
Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas…ibu…ibu….

——- Gita–Ada Surga di telapak kakimu——-


Kunyanyikan sebuah lagu
Untukmu Ibu
sebagai wujud terimakasih ku kepadamu
Tanpa lelah kau berjuang membesarkanku
Berikan yang terbaik untukku

Ijinkanlah tanganmu kucium
Dan kubersujud dipangkuanmu
Temukan kedamaian dihangat pelukmu

Didalam hati ku yakin serta percaya
ada kekuatan doa yang engkau titipkan
Lewat Tuhan membuat semangat bila diri 
ini rapuh dan tiada berdaya

Ada surga di telapak kakimu
Betapa besar arti dirimu
Buka pintu maafmu saat kulukai hatimu

Ada surga di telapak kakimu
Lambangkan mulianya dirimu
Hanya lewat restumu
Terbuka pintu ke surga
Kasih sayangmu begitu tulus
Kau cahaya dihidupku
Tiada seorang pun yang dapat menggantimu…

ERM (part 1)

Baru dapet tugas dari Pa Yerry buat belajar ERM. Belajar klo ga ditulis bisa2 ga terRekam di otak yang pas2-an. . . :). Tho dengan menuliskannya bisa berbagi Ilmu dengan semua, sapa tau ada yang mo nambahin or koreksi… ya kan?

 ERM (Enterprise Risk Management)

Belajar ERM berarti harus tau dulu apa itu Resiko Bisnis. ya kan?

Resiko Bisnis adalah Ancaman yang berdampak negativ terhadap kemampuan sebuah perusahaan untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dan untuk mencapai tujuan bisnis.

Dari sini Qta bisa memahami bahwa setiap kita menjalankan bisnis tentunya akan diiringi dengan resiko-resiko. Hal ini tidak bisa dihindari begitu saja tanpa ada perencanaan yang matang untuk mengatasi Resiko2 tersebut.

ERM Framework merupakan salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut di atas. Biar lebih jelas tentunya Qta pengen tau apaan tuh ERM framework. Ok, akan lebih baik kalo didefinisikan terlebih dulu.

ERM Framework menurut COSO merupakan suatu proses yang dipengaruhi oleh masing2 anggota dewan direksi, Manajemen dan personil lainnya, yang diterapkan di dalam penentuan strategi dalam perusahaan yang dibuat untuk mengidentifikasi kejadian2 yang mungkin terjadi dan memberikan dampak pada perusahaan dan mengelola resiko yang merupakan Risk Appetite(Resiko yang dapat diterima) untuk memberikan penilaian yang sesuai dengan tujuan pencapaian perusahaan.

Wuih panjang juga definisinya… :).¬†Ga masalah yang penting¬†Qta dapat sedikit gambaran tentang ERM.¬† Ok lanjuuuuuttttt…. :p

Kenapa si perusahaan make ERM? mang manfaatnya apa? wuih langsung deh ni pertanyaan muncul di benak n sanubari (halah). Katanya siiii ERM bisa meningkatkan fungsi internal Audit dan perbaikan yang significant dalam tata kelola perusahaan. Bener gak ya? untuk sementara diterima… he he namanya juga baru belajar teorinya… diiya-in aja deh¬†:p. pisssss

Truss gimana cara mengidentifikasi Resiko2 yang mungkin terjadi ya……

mmm ni masih baca2… klo dah tau sedikit gambaran ku lanjutin lagi… Insya 4WI klo masih ada umur n kesempatan. CAIYOOOOOO

« Older entries